Selasa, 22 Januari 2013

beberapa teori "PLH kelas 8 semester 2-Teknologi ramah lingkungan""


1.   Apa Yang Dimaksud Lubang Biofori?

Apakah itu lubang biopori? Biopori adalah lubang-lubang di dalam tanah yang terbentuk akibat berbagai akitifitas organisme di dalamnya, seperti cacing, , perakaran tanaman, rayap dan fauna tanah lainnya. Lubang-lubang yang terbentuk akan terisi udara, dan akan menjadi tempat berlalunya air di dalam tanah.

2.   Apa Manfaat Lubang Biofori?

Apa manfaat lubang biofori ?Lubang resapan biopori adalah teknologi tepat guna dan ramah lingkungan untuk mengatasi banjir dengan cara:
1. meningkatkan daya resapan air,
2. mengubah sampah organik menjadi kompos dan mengurangi emisi gas rumah kaca      (CO2 dan metan), dan
3. memanfaatkan peran aktivitas fauna tanah dan akar tanaman, dan mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh genangan air seperti penyakit demam berdarah dan malaria.

3.   Sebutkan 3 Permasalahan Yang Timbul Akibat Dari Pemanfaatan teknologi!

a.    Teknologi informasi membuat kita jadi terhipnotis dan cenderung lebih menyukai dunia maya serta melupakan dunia nyata.
b.    Teknologi membuat kehidupan manusia menjadi praktis, sehingga manusia menjadi malas dan lebih menyukai semua yang serba praktis.
c.    Masih lemahnya peran Iptek dalam mengantisipasi dalam menanggulangi bencana alam, dll.


4.   Apa Dampak Positif Dan Negatif Teknologi?

1. Bidang Informasi dan komunikasi
Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positifnya antara lain:
a. Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.
b. Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.
c. Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah. Dan lain-lain.

Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:
a. Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas).
b. Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu.
c. Kerahasiaan alat tes semakin terancam.        

Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.
d. Kecemasan teknologi
Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet atau antena televisi karena disambar petir.
5.   Sebutkan Upaya Mengatasi Dampak Negatif Dari Teknologi!

a.       Mempertimbangkan pemakaian TIK dalam pendidikan, khususnya untuk anak di bawah umur yang masih harus dalam pengawasan ketika sedang melakukan pembelajaran dengan TIK. Analisis untung ruginya pemakaian.
b.      memfilter teknologi,pilah pilih lah teknologi yang sudah ada , kalau sekiranya tidak bermanfaat sebaiknya tidak usah, 
c.       memblock situs situs yang sekira nya tidak boleh di kunjungi di internet,
d.      jangan tergoda dengan update teknologi yang sekiranya tidak berguna untuk diri anda, dll.




0 komentar:

Posting Komentar